Minggu, 26 Desember 2010

5 RUMUS WAJIB BIKIN VIRUS KOMPUTER


Virus pada umumnya mempunyai struktur yang hampir sama, dan dapat dibedakan menjadi beberapa kode, yaitu :
1.  Kode Penanda Virus
     Setiap virus pasti mempunyai identitas masing-masing. Bisa dibuat dengan karakter atau jumlah byte  tertentu sebagai marker sesuai dengan keinginan si programmer. Contoh, virus A mempunyai penanda X dan virus B mempunyai penanda Y, maka virus-virus itu akan dikenali antivirus sesuai dengan penandanya. Pada virus yang terdahulu seperti Hallo.roro.htt penandanya adalah sebuah file desktop, ini yang mempunyai ukuran 299 byte, atau pada virus w32.redlof.html mempunyai penanda file folder.htt yang ada di tiap folder dengan ukuran 13 Kb.
2. Kode Penggandaan Virus
    Suatu program tidak dapat dikatakan virus, jika tidak dapat menggandakan dirinya sendiri. Contoh, virus hallo.roro.htt menggandakan dirinya sendiri dengan memakai program syssrv.exe. Hasil penggandaan tersebut disimpan dalam file desktop.ini yang berukuran 299 byte dan hallo.roro.htt. Banyak cara atau jurus untuk menggandakan diri yang digunakan oleh virus-virus sekarang.
3. Kode Pertahanan dan Penyembunyian Deteksi
    Kode ini diperlukan virus untuk mengecoh antivirus, bisa dengan meng-encrypt file virus tersebut, me-non visibelkan proses pada komputer korban, ataupun menampilkan pesan pengalihan ketika mencoba menjalankan aplikasi antivirus.
4. Kode Pemicu
    Setiap virus mempuynai program atau kode untuk mengaktifkan program utamanya. Program atau kode ini bisa dipicu dengan bermacam-macam cara, contohnya: Virus diaktifkan ketika kita mengklik atau membuka file tertentu dari wondows explorer. Atau dengan memakai nama file yang sedang populer. Contoh, virus worm annakournikova memakai kode pemicu dengan nama file anna-kournikova.jpg.exe, dengan nama ini orang akan mengira file tersebut adalah .jpg (file gambar), padahal file tersebut adalah file jenis application atau file.exe. Atau virus w32.hllw.pesin, file pemicunya adalah SysTask.exe dengan icon MS-Word. Sehingga orang terkecoh dan mengira bahwa SysTask.exe merupakan file MS-Word.
5. Kode Manipulasi
    Kode ini berguna untuk menghapus file, menjalankan aplikasi tertentu untuk mencuri dan mengirimkan data ke sebuah emamil.Batasan manipulasi terserah kepada pembuatnya, karena hal inilah maka virus dikategorikan dalam program yang bersifat merusak.

Kode di atas dapat dirangkum menjadi satu, sehingga menjadi sebuah program yang bernama virus.
Tulisan di atas, saya "copy" dari berbagai sumber di Internet tapi saya lupa IP'a. Jika ada yang kesal gelengkan kepala 3 kali....hehheeee...

3 komentar:

  1. Keren bozz... tapi kasian ikannya klo ga ada yang ngunjungin blog lu ikannya bs pd mati ga ada yang ksh mkn.....

    BalasHapus
  2. hahaaa...kan nih ikan udah w kasih kacang abadi dari son go kou sm pikollo....hehehee

    BalasHapus